Mic Wireless FM si Penyadap Canggih

on Jumat, 29 April 2011


Dalam mengawali karya pertama saya yaitu Mic Wireless FM si penyadap canggih Karya ini sudah 17 tahun yang silam ketika itu statusnya masih pelajar tepatnnya tahun 1994. Rangkaian ini diperoleh dari majalah MOP kala itu. Berulang-ulang dirangkai namun belum berhasil, baru yang keempat kalinya berhasil. Asyik kala itu bisa menyadap pembicaraan tetangga, caranya diselipkan di celah dinding rumah tetangga yang akan disadap tadi, kemudian dengarkan lewat radio penerima FM di rumah kita sendiri.  Wireless FM inipun bisa digunakan untuk berkomunikasi, akhirnyapun satu kampung rame ngerumpi lewat
radio dengan radius 500 m msih bisa. dengan kepekaan mic yang luar biasa, sehingga tidak salah kalau disebut Wireless FM si Pengadap Canggih sesuai judul artikel di majalah MOP.
        Rangkaiannya sederhana terdiri hanya dua buah transistor. Transistor pertama 2SC289 sebagai osilator sekaligus juga sebagai penguat mic, transistor kedua 2SC1675 sebagai penguat osilator atau buffer, wireless ini cukup diberi catu batere 1,5 volt sampai 3 volt, selengkapnya skema rangkaian seperti gambar berikut di bawah ini..
                                                Gambar skema rangkaian Mic Wireless FM

Daftar Komponen
R1 = 1k
R2 = 47k
R3 = 150
R4 = 33k
R5 = 180
C1 = 222
C2 = 1uF
C3 = 102
C4 = 10p
C5 = 10p
C6 = 222
C7 = 103
Q1 = 2SC829
Q2 = 2SC1675
MC = Mic Kondensor
Koker 5mm
      L1 Primer 6 lilit
           Sekunder 2 lilit

Ni dh ada layout:

Wiriless Mci ini sudah dikembangkan disainnya sehingga lebih top markotop, klil saja disini


99 komentar:

Icigo mengatakan...

pak untuk antene menggunakan apa?dan brapa panjangny?mksh pak?

Dri mengatakan...

Salam, Mas Icigo, untuk kabel bisa gunakan sembarang, bisa pakai seutas kabel. panjang juga sembarang semakin panjang semakin baik daya pancarnya,

Icigo mengatakan...

mksh pk mau tnya lg gmbr skma nya bagian koker lilitan primer sm skunder kok gk ada??kok cm 3 trminal,mhon pnjlasan. mksh pk?

Dri mengatakan...

Bagian kunci di rangkaian wireles ini terletak pada pembuatan trafo osilasi, karena harus membuat sendiri. Lilitan dililit pada koker yang berkuran 5mm. Lilitan primer yang terhubung dg kaki kolektor Q1 tr 2sc829 berjumlah 6 lilit (6T), dan Sekunder terhubung dengan C5 10pF berjumlah 2 lilit (2T)
Gambat sdh diedit mga lebih jelas'

Icigo mengatakan...

pak saya udh coba trnyta brhasil...hehehe tp mic nya kurang peka, krn pkek bekas... Pak Kl pny poto line pcb di posting kn,biar jelas hehehe

Dri mengatakan...

Hebat, sekali coba bisa, saya 4x. cba pake mic eks handset hp wujudnya kecil kemungkinan lebih peka, ato pilih CM yang berwarna di bgn body kaki.

Bisa, ini beda jalur pcb, menjadi lebih lebar. ada label Icigo lagi, dulu saya gambar langsung di PCB pke spidol

Icigo mengatakan...

hehehe mungkin kbetulan lgsung jd... Ea ni mau saya kembangkan ke pemancar pkek blok tuner... Nunggu punya dana.hehehe

Aldo RS mengatakan...

Permisi pak mau nanya, saya iseng-iseng pengen buat juga ini hehe. Kira-kira kalo sumber dayanya pake batere jam tangan kuat tidak ya? biar makin ringkas rangkaiannya, hehe

Aldo RS mengatakan...

oya pak sekalian tanya, ini apa frekuensi fmnya dapat diatur? terima kasih

Dri mengatakan...

Icigo:
he..he..juga, terus maju n pantang mundur, ato pengin merakit pemancar fm yg stereo dipostingan saya terbaru, ini lebih mudah n murah dibanding tuner blok dan hasilnya stereo lagi. he

Aldo RS
salam kenal mas Aldo, biar tidak penasaran n bisa nyuri dengar/nyadap pembicaraan orang lain, dicoba rakit seperti layout di atas, setelah berhasil bisa dimodif sesuka Aldo.

Wah..ide cemerlang! Batere Lithium memang batre masa depan akan menggantikan batre jenis lain, batre habis bisa di CAS lagi, n bisa dijumpai baik di jam, HP, Kamera dll silahkan dikembangkan. Saya malah pngin coba pke batre hP (nggak jadi ah kemahalan harganya he...)
ato biar praktis gunakan batre yang lebih kecil ukuran AAA, sprti yang dipake di remote control.

Mengatur perpindahan frekuensi osilatornya dengan cara memutar ferit trafo OSC, diputar ke atas frekuensi kerja naik dan ke bawah sebaliknya.

Satria Baju Hitam mengatakan...

yang saya mau tanya itu lilitan diameternya berapa?

Dri mengatakan...

mas Jay:
sembarang asal jgn terlalu gede, 0,8mm conthnya, akan kesulitan di tekuk di koker 5mm. pake 03, 04, 05, 06 mm yg mudah n pas.

Nurwanto Sujarwo mengatakan...

sore mas... (komen nya pas sore soale)
ketemu jg.....
jd inget masa lalu waktu kita mbagun TS FM di kampus kita tercinta hehehehehehe...
jadi pengen buat lg mas yang seperti ini.
dulu aku pernah dikasih sama sampeyan... sekarang ilang makanya mo bikin lg cm sayang... lay out PCB nya kok kecil ya resolusinya heheheheheh
ada yang lebih gede gak mas tlg dong di repost gambarnya

Dri mengatakan...

Salam hangat mas Jarwo

Wah memory 8 th lalu....

maca ci kecil, ga jg ah...ntar sy krim lagi lewat email kamu langsung ja ok...
tnx dh sudi mampir lagi diblog kedua q Salam Sukses dan Super buat mas Jarwo

Satria Baju Hitam mengatakan...

yang jadi masalah sekarang adalah koker yang tidak dijual di manapun dan kawat email yang tidak habis-habis(dikupas tidak kelihatan-kelihatan logamnya). mohon arahannya

Dri mengatakan...

Mas Jay:
"masalah komponen KOKER yang tidak dijual di manapun..."
maca ci, kalo di tempat saya malah mudah didapatkan di setiap toko elektronik, dari berbagai ukuran; 8 mm & 4mm, yang kita perlukan koker ukuran 4mm.

"kawat email yang tidak habis-habis(dikupas tidak kelihatan-kelihatan logamnya)"
apa masudnya!!!! atau gini...kawat email itu kawat tembaga yang dilapisi email, email disini berfungsi sebagai isolasi juga melindungi kawat tembaga dari korosi oleh udara atau lembab. lapisan email ini sangat tahan terhadap panas, maka jika ingin menyambung/disolder, lapisan email harus dikikis/kerik sehingga terlihat tembaganya.
coba perhatikan gulungan sebuah trafo power supply, meskipun gulungan disusun bertumpuk-tumpuk tetapi tidak terjadi saling kontak,

Rozin mengatakan...

Ohhh. coba tambahin tr 1971 pasti mantab deh signalnya
he............................he................

Anonim mengatakan...

terima kasih mas sangat membantu, lumayan buat tugas kuliah akan saya modifikasi lagi nich biar tambah mantab, oya mo nanya sedikit, kalo transistor nya pake 9018 kira - kira bisa ga mas, soalnya kalo pake TR 2SC829 dan TR 2SC1675 susah mencari_nya kalo di di cikampekmah toko elektronika_nya Cuman sedikit...

Anonim mengatakan...

Mo tanya pak kalo kita buat lilitan nya bukan pake koker, trus kita buat lilitan, di lilitkan ke potongan bekas pensil yg ukuran nya sama 5mm, bagaimana pengaruhnya
mohon di jawb

Dri mengatakan...

muhrozin:
kalo ditambah 1971 ini namanya bukan lagi mic wireless boss....he2, tapi pemancar FM daya besar out 6W, dengan hanya catu baterai 1,5 V saja, dengan wireless ini kita bisa nyadap pembicaraan orang lain, dengan jangkauan tidak mengecewakan...

Deniakbar2435:
Untuk mic wireles ini kalo bisa tidak perlu harus komponen baru, dari bekas radio MW/SW kenapa tidak. itu banyak menggunakan tr yang dimaksud.
TR bisa gunakan sembarang, bisa dari bekas boster TV juga, itu banyak TR9018, cuma yg terbaiknya menggunakan C1675, dg tegangan kecil hanya 1.5 V sangat baik jangkuan pancarannya. Ini sudah dicobakan beberapa TR dari C930, C9018, BC547, C710, C3355, dll... jangkauan paling jauh pake 1675 ato 1674 jg bisa.

Duwi setiawan
Bisa saja mas Duwi, lilitan kita buat tanpa berinti ferit, langsung lilitan kita buat memanjang inti udara. Bisa...cuma perpindahan frekuensinya agak repot.
Ferrit ini bahan yang permeabilitasnya tinggi sehingga bisa meningkatkan nilai induktansi suatu lilitan. sehingga memudahkan kita dalam memindahkan frekuensi kerja wireless, cukup di putar ke atas ato ke bawah sesuka kita. itu enaknya menggunakan koker yang berinti ferit.
Alternatif lain gini mas Dwi, perpindahan frekuensinya menggunakan C variabel C4 10pf diganti C trimer. Bisa...

Retailindo mengatakan...

gan kalo penyadap ni hasil sadapan ya d simpan d mna ya saya bingung ap konecsi apa gimana tlng penjelasan ya soal nya saya awam tapi mau buat tlng banget gan

faruq mengatakan...

saya ahmad
mau nanya,: trus gimana bagian receivernya???
terima kasih

JalakSewu mengatakan...

Pak dan mas-mas sekalian. Saya sangat awam, yg saya tahu cuma bikin Blog Ma utak atik Komputer dan bermain di script. Pengen belajar eaalahh kok ya sulit ngertinya. Ada yg mau buatin gak ya, saya Bayar. Intinya Anda Jual saya beli. Bukan malas ntuk belajar. sudah coba gagal terus. Kalo buatin ongkosnya berapa saya di Magelang, 085729666186. thanks.

kang tri mengatakan...

mas, numpan komen.
Kalo boleh minta dibuatin fm transmiter dengan jarak jangkau 50 km donk..
Lengkap dengan skema pcb + dengan komponenya..

Dri mengatakan...

Retailindo & @HM@D : Wireless ini bekerja di FM 88-108MHz, jadi bisa diterima di radio portabel baik kompo maupun deck, bisa juga di radio FM di HP. karena wireless maka koneksinya tanpa kabel, tetapi lewat gelombang radio dan ditangkap oleh radio FM penerima, sehingga suara dari wirelwss bisa didengarkan,

Dri mengatakan...

Tutorial for Design: Hayo siapa yang pingin bikinkan wireless FM teman kita dari Magelang, itu sudah ada NO HPnya, tinggal dihubungi.

abit: Boleh. Sungguh-sungguh, saya terima tantangan mas abit, hayo berani tidak!...

Anonim mengatakan...

assammualaikum mas saya mau nanya kalo bikin booster pemancar fm gimana cara nya? tolong postingin dong..

Anonim mengatakan...

gan saya sulit bngt nyari rangkaian pnerima FM mini, low agan puny rangkaian penerima FM mini pakk daya baterai 3v..tlong krim y gan ke email ane jinggo1_mania@yahoo.c.oid...mkc gan

Anonim mengatakan...

mas aku ad kn, cuma ko ga mau jauh jaraknya plng cma tiga meter apa permasalahanya mohon penjelasanya ...

Unknown mengatakan...

mas kok sya coba gk bs ya?sya gk pake koker tp lilitan inti udara dan pake tr 9018 apa pemasanganya terbalik ya

Unknown mengatakan...

mas diameter kawatnya brp mm tq...........

Unknown mengatakan...

bang mau nanya nih,tadi kan aq beli koker,kok udang langsung jadi y bang,mohon penerahanaya
atau bisa kirim penjelasanya lewat email robiksetiawan24@yahoo.com
aq tunggu bang

Anonim mengatakan...

mas, b-c-e nya transistor 1675 gimana ya?

Anonim mengatakan...

engga jadi mas, sudah ketemu mas, nanya mbah google.. ternyata basis ga selalu di tengah ya kalo komponen aslinya.. kasian banget ya baru tau, hehehe...

sang putra perwira mengatakan...

boz klo dimodif jd pemancar fm berdaya besar bs ga? mksdnya bwt broadcasting gt? sinyalnya mudah goyang ga?

Dri mengatakan...

mas pono : no problem , pake koker atau hanya lilitan inti udara semua bisa, cuma kalau pertama kali rakit ya begitu menemui kesulitan, yang ada coba dulu seteleh bisa, baru di coba dengan cara dan teknik sendiri

Joko Suryono; Diameter bisa 0.2mm - 0.6mm

fery robik : koker pilih ukuran 5mm, ada di toko ELK, coba baca-baca komen terdahulu

tx-putra-perwira : sebaiknya jangan, meski setiap jenis OSC bisa dijadikan pemancar daya besar. ini khusus Wireless/mic tanpa kabel.... tread tentang itu ada sendiri, silahkan buka-buka posting lainnya tentang itu, ada ko' di blog ini...

Unknown mengatakan...

Mas, apakah bahan2 yg digunakan untk membuat penyadap bsa ditemukan di alat2 yg ada di rumah?

Anonim mengatakan...

Kalo pengen mic-nya sensitif & jarak pancar jauh, ganti nilai komponennya R1=10K,R2=33K,R4=47K,Q1=C838, laennya sama smua, skema yang diatas terbalik nilai komponennya, kalo buat spt skema diatas saya brani jamin pasti mic gak sensitif & pancaran jg gak bisa jauh

Adi mengatakan...

Assalamu'alaikum mas saya mau tanya pengganti Q1 & Q2 apa ya?
Soalnya di medan g ada jual
Selain mps2222?

Anonim mengatakan...

try this http://elektronikanalog.blogspot.com/2013/02/vhf-fm-wireless-microphone_26.html

Anonim mengatakan...

saya udah bikin jarak dekat sekali sinyalnya hambar ngak mantap.tapi saya punya skema dan saya bikin hasil luar biasa transistornya 829 cuma tambahin c 18,20,5 ,222 p skema di atas jdi lebih jauh 2km cuma pakai antena radio

Anonim mengatakan...

Skema untuk usaha tv kabel yang tercanggih tanpa kabel ( Nirkabel ) mas bro,,, klo ada tlg di publikasikn mas bro,,

Unknown mengatakan...

Permisi pak, mau nanya, saya udah ngerangkai mic wireless seperti rangkaian yang bapak posting, tapi kok nggak bisa ya, nyari frekuensinya sulit pak ? solusinya gimana ? perlu ditambahin komponen lagi nggak ? kalau perlu ditaruh dimana komponennya ?
Terima Kasih Sebelumnya :)

Anonim mengatakan...

mas saya pemula,saya mau nanya tentang bahan nya misal R1=1K nama dari komponen 1k tu apa ya,mohon penjelasannya krim saja d nomor hp saya 08977908661.trumakasih sebelumnya

Menulis Frekuensi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Menulis Frekuensi mengatakan...

saya mau tanya, soal frekuensi yang digunakan, dan prinsip kerjanya. saya mau menggunakan rangkain mic wireless ini untuk aplikasi lain.

yang mau saya tanyakan soal cara kerjanya,yang saya tau rangkaian ini bekerja dengan terus menerus memancarkan frekuensi (FM) tertentu. Selama jarak mic masih bisa diterima oleh receivernya, maka apabila ada input suara, suara dapat terdengar.

saya ingin bertanya apabila input (suara) nya tidak digunakan, apa cara kerja mic wireless tetap sama? jadi walaupun tidak ada input suara, apabila receiver berada dalam jarak jangkauan mic, receiver akan tetap menerima frekuensi tertentu yang telah di set seblumnya? atau bagaimana? dan bagaimana interferensi terhadap frekuensi fm yang lain yang digunkan pada siaran radio fm? dengan rangkaian ini.

maaf jika pertnyaan ini membingungkan saya masih belajar. terima kasih atas bantuannya :)

yok mengatakan...

ikutan jawab bwt mas Ungari, Selama oscillatornya masih mengeluarkan frekuensi, meskipun tidak ada input suara ya tetap kluar frekuensinya mas...gmn, makin bingung ya? hehe....

Anonim mengatakan...

buat anonim yg udh bkin fm wireless dengan jarak bisa mencapai 2 km tlong di bagi dong skemanya sama rangkaian pcb nya saya tunggu di email: Ryan.deden@yahoo.co.id Hp: 089657636945 trims

Andi mengatakan...

mas, mo tanya ,sy dah buat ,jaraknya deket cm 3 meter, agar pancaranya jauh gimana mas ? trims

Unknown mengatakan...

Hubungi n0 ku ja,085741593230

Unknown mengatakan...

Hbungi n0ku ja 085741593230

Unknown mengatakan...

Q salut sm km mskipun cwek tp h0bi elektr0,..

Anonim mengatakan...

tanya gan arah gulungan kawat oscilator bgm ?searah jarum jam ato berlawanan

Anonim mengatakan...

Mantap Pak... Saya dulu (jaman kuliah) pernah bikin semacam mic wireless ini.. 1/2 berhasil, suara kresek2 kurang stabil :D
Ntar klo ad waktu kosong mo coba2 rangkain wireless ini hehehe... Siip

ALUMNI SMA N 3 MAGELANG-JATENG mengatakan...

Kalo paling gampang ya ambil aja rangkaian wireless dari micropone tanpa kabel...langsung dech jadi

Supriman mengatakan...

Mas Dri, saya bisa mesen kit mic wireless ini gak? Susah soale nyari2 komponennya.. Hehehe... Email saya yach mas di supriadi.radia@gmail.com
Juga sy mau tanya rangkaian2 yg lain... Trims

probo mengatakan...

Mas bisa gk saya mesen dibuatkan yg siap pake?yg jangkauannya kira2 bisa 25 meteran, buat mic kalo pengajian. ini email saya:yayannur15@gmail.com

yayan

Dwi Ilham mengatakan...

saya buta elektro bisa nggak saya pesan yg siap jadi untuk aula jangkauan kira kira 30-50 meteren dan harga + ongkir ke balikpapan via paker post kilat berapa ? mohon email ke dwiilham51@yahoo.co.id

MardiBandhil mengatakan...

ini kan transmiter fm mini, di ambil ocilator dan penguat 1 tingkat

Unknown mengatakan...

mas DR.I ada tutorial untuk buat trafonya nggak..?
harap maklum belum pernah buat trafo sendiri...

Unknown mengatakan...

kalo pengen mendeteksi keberadaan alat penyadap ini di sekitar rumah ada yg tahu ga pake alat apa (alat penangkal)?,atau alat buat mengacau sinyalnya barangkali ada yg tahu cara bikin alatnya ga?. males bgt kan kalo rahasia rumah tangga kita di ketahui oleh orang iseng yg bisa bikin alat beginian di sekitar rumah, hehehe thanks

Sahrul mengatakan...

rangkaian yg Cukup menarik,
Alat ini bisa di deteksi dengan sebuah detektor alat penyadap,
Saya pernah beli di www.accunik.com

Sekedar Puisi dan Kata mengatakan...

yang sulit cari transistornya di daerah saya, kapan-kapan main ah ke padepokan sampeyan..

Arjo moemedo mengatakan...

marai pengin gawe neh /nostalgiaaaaaaaaala

Arjo moemedo mengatakan...

pak admin griyane pundi ?

Unknown mengatakan...

saya ingin buat mic kancing mas, alatnya pake apasaja? dn gmn skemanya agar peka dan suaranya bagus,pa bisa pake head set ? maksh

Sekedar Puisi dan Kata mengatakan...

Mas Dri.. akhirnya berhasil juga. Transistor cari di minicompo bekas. Saya ga pakai koker karena sudah nyari kemana2 ga ketemu, akhirnya saya pakai varco. Lilitan 6 lilit diametet udara 0,5. Lumayan peka hasilnya. Terima kasih..

Anonim mengatakan...

resistornya brapa watt gan? n pakek koker 8mm bisa ga?

Jse mengatakan...

mas q dah coba tpi ko g bsa yah..trus gulung kokernya gmana caranya mas masih bingung gulungnya.mohon pencerahanya mas pgn bgt soalnya.

Jse mengatakan...

gatot dag.dah 3x gagal ga da tanda2 kehidupadn

PTC123 mengatakan...

dulu waktu zaman sekolah, saya sempat mainan penyadap FM wireless. pakai komponen transistor C829 untuk osilator & dan C930 untuk penguat. hasilnya cuma mengcover area sekitar rumah saja. he he he...
kalau sempat, silakan mampir balik Gan ke blog saya. thanks.

Anonim mengatakan...

Apa bisa order ? 081 330 331 873

Anonim mengatakan...

aku jg pngin order encoder stereonya...sama audio limitter

Tirto Aji Pekeyongan Baujeng mengatakan...

Ajari saya bagi yang sudah bisa membuatnya
Saya ingin bisa membuat. mohon ajari bagi siapa saja yang bisa tolong sma ke no saya 085604337533
Atau bbm 52A84949

Unknown mengatakan...

Bisa dibeli yg sudah jadi? 081332805838

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Bisa dibeli yg sudah jadi? 081332805838

Unknown mengatakan...

Bisa dibeli yg sudah jadi? 081332805838

Agung mengatakan...

Mas mau tanya pemasangan L1 itu gmana ya. Saya masih awam hehe

Unknown mengatakan...

mas ukuran lilitan nya berapa mm?

Unknown mengatakan...

Mas DRI AKU DAH BUAT MIC wireless ini tapi kok tak cari gelombang nya gak ada ya tolong di jawab mas ini PIN BBM ku 5E492940

Unknown mengatakan...

mas, ukuran kawat email.nya brp????

Unknown mengatakan...

Untuk ukuran kawat emailnya bisa menggunakan 0,3/0,4/0,5/0,6.pokoknya lilitannya bisa di lilit di koker.kalau akusih untuk yg bagus ya yg ukurannya 0,6 mas.

Unknown mengatakan...

Kalau ada yg sudah jadi bisa saya beli untuk imam di masjad biar kedengeran.

Unknown mengatakan...

cara buat L1 nya tolong di perjelas lagi

mlutfih mengatakan...

Salam kenal pak, saya ga paham dengan skema lilitanya, klo mau beli jadi di toko elektronika bilangnya apa ya, yang komponen lilitanya.

mlutfih mengatakan...

Salam kenal pak, saya ga paham dengan skema lilitanya, klo mau beli jadi di toko elektronika bilangnya apa ya, yang komponen lilitanya.

Unknown mengatakan...

mas saya bisa minta tolong ngak? saya minta penjelasan skema rangkaian nya mas

terimakasih :)

Unknown mengatakan...

Bisa beli yang sudah jadi nggak. Hub SMS 085102317000

Mr.gucci mengatakan...

itu yang dipancarkan analog y? bagaimana klo digital?

Saykimpoel mengatakan...

Thanks gan..

Unknown mengatakan...

nyobanya pakek apa gan...?

Unknown mengatakan...

munculnya di frekuensi berapa gan...?

Admin mengatakan...

Untuk teman-teman yang hobi ngoprek elektronik, anda bisa beli komponen nya di sini
Toko komponen elektronik terpercaya sejak 2012

Unknown mengatakan...

Itu sekema werlesnya kalok sekema penerimaya mana gam salam solser hangat dari wonosari

Andi mengatakan...

Kok udah gk update lagi Dr.i

Rilis mengatakan...

Beli mp3 modulator.

Rilis mengatakan...

Pahami lilitan, pemasangan sudah benar. Kokernya harus ada lilitan.

Anonim mengatakan...

Maaf bos...itu ukuran kawatnya gk di jelaskan

Posting Komentar