Buat Layout PCB, Bangun Transceiver FM 80MHz

on Senin, 26 Desember 2011

Sambil mempersiapkan komponen yang masih belum sepenuhnya komplit, sudah dipersiapkan rancangan sebuah pesawat komunikasi FM yang Full PLL. Direncanakan sudah menggunakan komponen yang mudah didapatkan dipasaran, dengan penyesuaian itulah sehingga mungkin lebih banyak komponen yang digunakan pada rancangan pesawat transceiver FM ini, seperti penggunaan kristal bisa disesuaikan nilainya, bisa 4 MHz, 6 MHz, 8 MHz dan 12 MHz. Agar menghasilkan osilasi pada 10 Kc sehingga ICnya pun jadi nambah. Daripada nanggung sekalian dibikin lebar Layout PCBnya. Dengan begitu bisa di lengkapi pula dengan fasilitas lainnya, seperti penambahan S - Meter yang berfungsi untuk mengetahui kekuatan sinyal dari lawan bicara kita dan juga sinyal pancaran pesawat kita sendiri. Output power sudah 3 Watt menggunakan transistor C1947.


Bentuk jadi transceiver ini sebenarnya sudah pernah di upload, hanya saja belum selengkap rancangan yang sekarang, kalau sudah dapatkan komponen semua pasti akan segera saya rakit, saya sendiri masih kangen dan pingin sesekali berajojing di udara di tengah kesibukan yang padat. GO...!!! Roogerrrr.


7 komentar:

Adibin mengatakan...

Carikan IC yang kemarin itu juga ya pak... semakin tertarik dengan yang nie... PLL dulu yang kemarin trus mungkin ini nanti setelah PLL.. hehe

ardy darwys mengatakan...

mas bos, saya tertarik dengan artikelmu ini.. saya mau bertanya, kok masih memakai tuner blok? apa fungsinya.. apakah untuk receiver!!! jika iya, untuk receivernya sudah terkontrol dengan pll apa belum?
jikalau iya.. sekali tune dip switch, transmit n receive sudah zerobeat.. kayak transceiver 2m band.

MULTIMEDIA mengatakan...

di tunggu bos skema rangkaian tranceiver 80MHz diatas dan hasil penampakan yang sudah jadi bos.... ngiler mode on... pengen mengudara lagi nih jadinya....

Anonim mengatakan...

gambar skemanya mana mas bro..

Anonim mengatakan...

Mas, mohon gmbar skmanya.. mau aq buat experimnt..
emailkn sj k : muslih.pratama007@gmail.com
terima kasih seblumny.. mhn maaf ngerepotin...

Anonim mengatakan...

sudah berhasil belum hasil eksperimentnya....

Unknown mengatakan...

layout dengan isi komponenya dong biar lebih jelas
saya juga mau bikin coba2 belajar hhhee kirim email ivanzzweet@gmail.com terima kasih.

Posting Komentar