Buat Alat Ukur Indikator RF

on Sabtu, 30 Juli 2011

Alat ini sangat diperlukan dalam perakitan pemancar radio FM, rangkaiannya simpel sehingga mudah untuk membuatnya, meskipun begitu  keberadaannya sangat vital dan wajib dimiliki oleh "para penyolder" dalam proses perakitan pemancar radio. Tanpa Alat pendukung ini, wah...bagai dokter yang salah dalam mendiagnostik penyakit pasiennya. Fungsinya adalah untuk mengetahui adanya sinyal RF yang dibangkitkan di tiap tingkatan penguat, di tingkat osilator pun dapat dilacak. Apakah osilator yang kita rangkai sudah menghasilkan osilasi, dengan alat ini dapat segera dideteksi.
Demikian pula ditingkat berikutnya, buffer dan driver. Alat ini juga berguna untuk tunning/ngetrim di penguat akhir.

Skema Rangkaian
Gambar 1. Skema Rangkaian Pengukur Daya RF

Cara pengoperasiannya, sentuhkan ujung/probe alat ukur ini di kaki kolektor atau di bagian output transistor di tiap tingkat, maka dengan segera jarum di VU meter akan bergerak  menunjukkan harga tertentu,  Semakin besar jarum bergerak pada nilai skala db yang besar menandakan RF yang dibangkitkan juga besar. Kepekaan atau sensitifitas diatur dengan cara memutar potensiometer sesuai kebutuhan.

Gambar Foto
Gambar berikut adalah ketika alat ukur saya gunakan untuk mengukur keberadaan RF di tiap tingkat pada pemancar FM Tuner Blok. Di tingkat pertama jarum menunjukkan pergerakan yang kecil, kemudian di tingkat penguat kedua, jarum VU mulai bergerak naik yang menandakan bahwa RF yang dihasilkan juga semakin besar, dan di tingkat ketiga jarum VU sudah sangat besar.menunjuk di skala merah
Gambar 2. Pengecekan RF di tiap tingkat pada Pemancar FM Tuner Blok

Indikator RF dengan VU meter inilah yang selalu saya gunakan pada saat perakitan pemancar Radio. Dengan alat inipun saya menggunakannya untuk men-tunning/ngetrim tingkat akhir pemancar tentunya untuk daya yang kecil saja kira-kira dibawah 10 watt. Untuk daya besar dianjurkan harus dengan Watt meter/SWR meter, kalau dipaksa digunakan pada daya RF yang besar bisa-bisa terbakar potensionya dan dioda germanium langsung putus. Gambar berikut ketika alat ukur saya gunakan untuk ngetrim bagian tingkat akhir pemancar FM 4 Watt dengan kendali PLL menggunakan transistor 2SC1947. 

Gambar 3.Pengetriman pada Pemancar FM 4 watt terkendali PLL

Penting. Pada saat pengukuran atau pengetriman pemancar maka bagian output harus dipasang Resistor bernilai 50 ohm untuk beban semu antena yaitu sebagai pengganti antena. Perhatikan pada gambar 2, di output pemancar saya pasang R 47 ohm 1/4 watt dan di Gambar 3 dipasang R 47 ohm 3 watt, sudah mendekati impedansi 50 ohm. Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


6 komentar:

ardhye mengatakan...

om minta layout PCB'x donk....
:)
trims......

SAUQIFA mengatakan...

berhasil pak terima kasih... tanya, kalau ingin tahu berapa riil watt yg keluar gimana ya patokannya?

PPS PANDAWA mengatakan...

keren pak... sungguh kreatif

Jay mengatakan...

tp te2p yg g ngrti mah....butaaaaa

Jay mengatakan...

tp te2p yg g ngrti mah....butaaaaa

Unknown mengatakan...

kalau vr 10k yang terhubung ke ground funsinya untuk apa

Posting Komentar