Buat Dummy Load

on Senin, 01 Agustus 2011


Dummy Load atau bila dibahasakan kita adalah beban semu atau beban tiruan sebagai pengganti antena, dengan nilai impedansi tertentu, bisa 50 ohm, 75 ohm, atau 300 ohm, dan impedansi yang umum untuk beban pada pemancar radio adalah 50 ohm.

Kegunaan dummy load  yaitu seperti sudah disebut di atas adalah sebagai pengganti antena pada saat kita melakukan tunning pemancar atau "ngetrim" bahasa homebrew begitu menyebutannya, sehingga diperoleh
impedansi yang sama dengan impedansi dummy load 50 ohm. Adapun Dummy load ini pemakaiannya bersamaan dengan alat ukur Power dan SWR meter, yaitu untuk melihat besar daya output dan melihat seberapa match pemancar dengan beban. Setelah memperoleh kondisi match antara pemancar dan beban menjadi 50 ohm, maka juga sama perlunya mematchingkan antara pemancar dengan antena. Untuk bahasan memetchingkan kabel transmisi dan antena ini terpisah pada postingan berikutnya.

Dummy load bisa kita buat sendiri dengan mudah, yaitu dengan menyusun pararel beberapa resistor dengan nilai tertentu sehingga diperoleh nilai 50 ohm. Sebagai contoh, resistor yang kita susun bernilai 1000 ohm dengan daya R 2 watt, maka untuk mendapatkan nilai 50 ohm diperlukan R sebanyak 20 buah yang terhubung pararel, 1000 ohm/20 = 50 ohm, daya R pun bertambah menjadi 40 watt, 2 watt x 20 = 40 w. dianjurkan menggunakan resistor dari karbon, dan menghindari resistor dari lilitan kawat yaitu berbentuk fisik kotak putih, karena berupa lilitan maka bersifat induktif juga kapasitif yang sangat besar. 

Bisa juga susunan pararel rangkaian dummy load ditambah indikator power, sehingga ketika kita sedang ngetunning power pemancar bisa diketahui langsung. posisi low untuk power 10 watt dan high untuk posisi 50 watt. bergantunmg kita nanti nyeting VR trimpot 50K dan 500K, untuk menyetingnya diperlukan Power meter  untuk mengkalibrasi. 
Beban kontinu yang mampu dibebani secara terus menerus pada dummy load ini kira-kira 20 watt, di atas itu maka dummy load akan meleleh timah patrinya. selamat mencoba semoga bermanfaat. Marhaban Ya Ramadhan.


0 komentar:

Poskan Komentar