Membuat Layout PCB PLL Exciter FM 2 Watt

on Sabtu, 20 Agustus 2011


Beberapa waktu yang lalu sudah pernah dibahas tentang membuat layout dan merakit pemancar 1.5 watt FM dan stereo lagi, Cuma pemancar ini punya kelemahan yaitu frekuensi kerja tidak bisa stabil, suka jalan-jalan ngabuburut sendiri, he..he..nunggu buka puasa kali ya! Kadang pagi di atas, tau-tau siangnya di bawah, malamnya naik lagi... Itulah kendalanya, hal ini disebabkan karena faktor catu tegangan yang kadang naik dan turun, juga faktor suhu/panas di sekitar. Maka pemancar yang demikian tidak layak untuk broadcast untuk daya yang besar, artinya jangan sampai dikuatkan untuk daya hingga 100san watt, fans pendengar dibuat pusing, tiba-tiba lho ko hilang siarannya. wah.. pemancarnya ngungsi...disamping bisa  mengganggu stasiun pemancar lain.

Untuk mengatasi masalah ini, maka pemancar perlu diberi alat tambahan yang bertugas mengunci frekuensi kerja osilator pemancar yang suka jalan-jalan itu agar anteng di satu frekuensi kerja saja, misalnya kita tempatkan di 107.7 MHz. karena sudah diborgol tadi dijamin pemancar tidak akan ngeluyur kesana-kemari sendiri. Alat untuk ngeborgol ini dikenal dengan PLL.Untuk ngebahas topik PLL ntar pada perakitan Exciter PLL pada PCB yang sekarang ini.
Di bawah ini sudah tampak wujud asli rancangan PCB tersebut. Disain ini merupakan Pemancar FM Stereo Daya 1.5 Watt, rangkaian stereonya dilepas kemudian diganti dengan rangkaian PLL. sehingga layak untuk keperluan broadcasting dan bisa ditingkatkan dayanya hingga ratusan watt. Tampak top markotop ya disainnya. Gambar pertama adalah tata letak komponen, gambar kedua merupakan layout PCBnya, dan gambar ke tiga adalah PCB mask. Pekerjaan selanjutnya adalah ngeprint, kemudian dibuat filmnya dan dicetak, Jadi deh PCB Exciter FM 2 Watt PLL ini. 
Gambar PCB Exciter PLL FM 2 Watt

Masih penasaran!... Bagaimana hasil akhir untuk exciter ini. ""Bersambung"


8 komentar:

Alan Smith mengatakan...

mas mo tanya lg, program yang digunakan untuk membuat layout pcbnya pake apa. plis saya dikasih ya! pingin.....

Dri mengatakan...

pake sprint, boss...

Nanang Kabul Leksono mengatakan...

Coba di produksi masal terus dibungkus bungkus paketan, terus dijual dipasaran anak sekolah tinggal berteori lalu praktek tinggal pasang-pasang pasti laku apalagi untuk meula yang hobi elektronik...tolong dipertimbangkan...ini salah atu industri kreatif...

abu ayyub assalafi mengatakan...

mas saya sangat membutuhkan antena untuk radio penerima am/mw saya difrekuensi 774 kHz. karena itu saya minta tolong dibikinkan/dicarikan skema antena tsb. atas bantuannya saya sampaikan banyak terima kasih. email sy: abiayyub@gmail.com

Unknown mengatakan...

om permisi dong kalo boleh partlist & skematik nya dong ^_^ salam kenal om

Unknown mengatakan...

kalau boleh partlist dan skemanya dibagi ya pak...... asariadisucipto@gmail.com

AHMAD IKROM mengatakan...

Salam,..
Saya kapai PLL kemaren error pak,..
boleh ya pak minta layoutnya,..
untuk belajar pak,..terimakasih pak,..
ikrom_pati@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Diptrace

Posting Komentar